Kisah Nabi Adam a.s lengkap | Nabi dan rasul

Bismillah | Keluarga Blog IslamAssalamu’alaikum Wr.Wb
Alhamdulillah !! Akhirnya admin ada waktu luang juga buat posting di blog yang sederhana ini.๐Ÿ˜€ Baiklah, kali ini admin akan posting kisah nabi dan rasul yang lebih tepatnya hari ini akan membahas kisah nabi adam a.s . Insya’alloh kisahnya lengkap. dan bersumber dari Al-Qur’an.!!

Kisah nabi adam a.s lengkap

kisah nabi adam a.sSebelum ke kisah nabi adam a.s saya akan sedikit membahas tentang :

Asal mula langit dan bumi

Sebelum Nabi Adam diciptakan . Allah SWT menciptkan langti, bumi dan segala isinya : gunung, laut, tumbuhan, hewan, dan matahari sebagai sumber panas dan bulan sebagai penerang malam.
Tahukah anda ? Langti dan bumi oleh Allah SWT di ciptakan dalam waktu 6 ( enam ) hari. Sedangkan 1 hari di sisi tuhan sama dengan seribu tahun menurut perhitungan manusia.

Asal Mula Malaikat

Sesudah menciptakan langit dan bumi. Maka Allah menciptakan makhluk yang bernama malaikat. Malaikat dibuat dari Nur ( cahaya ). Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang tunduk dan patuh senantiasa berbakti kepada-Nya. Malaikat sama sekali tidak pernah durhaka kepada-Nya.
Malaikatย  tidak mempunyai nafsu, tidak makan dan tidak tidur, tidak melakukan perbuatan dosa. Tidak berjenis laki-laki ataupun perempuan dan memiliki alam tersendiri yaitu alam ghaib yang tidak dapat dilihat oleh manusia.

Jin dan Iblis

Jin dan iblis diciptakan dari api yang sangat panas. Ia mempunyai jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Jin ada yang patuh dan ada juga yang ingkar. Jin yang ingkar dan membangkang perintah Tuhan disebut dengan Iblis atau setan.
Permintaan iblis untuk hidup didunia sampai hari kiamat dikabulkan Allah. Sebab dahulu iblis adalah makhluk yang pernah patuh kepada Allah SWT. Jadi perpanjangan umur bagi iblis hingga hari kiamat adalah sebagai balasan bagi kebaikannya di masa lalu.

Kisah nabi adam a.s

Nabi adam a.s adalah nabi yang pertama. Beliau manusia pertama dan beliaulah nenek moyang sekalian manusia. Beliau dijadikan oleh Tuhan dari tanah. dibentuk berupa manusia dan kemudian ditiupkan ruh kedalamnya, sehingga hiduplah ia sepertia manusia sebagaimana sekarang ini. Demikianlah diterangkan dalam Al-Qur’an sebagaimana firman Allah SWT :

ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ู†ูŽุง ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุตูŽู„ู’ุตูŽุงู„ู ู…ูู†ู’ ุญูŽู…ูŽุฅู ู…ูŽุณู’ู†ููˆู†ู

Artinya :
“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.” (
QS: Al-Hijr Ayat: 26)

Seketika Nabi Adam telah dijadikan oleh Allah SWT, maka datanglah perintah kepada sekalian Malaikat, supaya sujud menghormati -Nya. Semua malaikat sujud dan menghormati Nabi adam. kecuali iblis yang sombong karena merasa dirinya lebih mulia dari Nabi adam. Sebab ia dijadikan dari api, sedang adam dijadikan oleh Allah SWT dari tanah. sebagaimana firman Allah SWT :

ย 

ูˆูŽุฅูุฐู’ ู‚ูู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุงุณู’ุฌูุฏููˆุง ู„ูุขุฏูŽู…ูŽ ููŽุณูŽุฌูŽุฏููˆุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฅูุจู’ู„ููŠุณูŽ ุฃูŽุจูŽู‰ูฐ ูˆูŽุงุณู’ุชูŽูƒู’ุจูŽุฑูŽ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููŠู†ูŽ

Artinya :
“Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.”
(QS:Al-baqarah : 34)

Karena iblis tidak mau sujud kepada Adam, maka Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฅูุจู’ู„ููŠุณู ู…ูŽุง ู„ูŽูƒูŽ ุฃูŽู„ู‘ูŽุง ุชูŽูƒููˆู†ูŽ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ุณู‘ูŽุงุฌูุฏููŠู†ูŽ . ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽูƒูู†ู’ ู„ูุฃูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ู„ูุจูŽุดูŽุฑู

ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุตูŽู„ู’ุตูŽุงู„ู ู…ูู†ู’

ุญูŽู…ูŽุฅู ู…ูŽุณู’ู†ููˆู†ู . ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุงุฎู’ุฑูุฌู’ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุฑูŽุฌููŠู…ูŒ . ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽุนู’ู†ูŽุฉูŽ ุฅูู„ูŽู‰ูฐ ูŠูŽูˆู’ู…ู

ุงู„ุฏู‘ููŠู†ู

Artinya :Allah berfirman: “Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?”
Iblis berkata: “Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”.
Allah berfirman: “Keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk. Dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat”. ( Q.S : Al-Hijr ayat 32-35 )

Sejak itulah Iblis tidak boleh lagi tinggal di syurga, maka keluarlah Iblis dari syurga. Kemudian iblis berdaya upaya menggoda Adam, supaya ia tertipu dan terusir pula dari syurga. sejak itu adam merasa kesepian, maka Allah SWT menciptakan wanita ( HAWA ) dan Allah menitahkan kepada mereka berdua, sebagaimana firman Allah SWT :

ูˆูŽู‚ูู„ู’ู†ูŽุง ูŠูŽุง ุขุฏูŽู…ู ุงุณู’ูƒูู†ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ูˆูŽุฒูŽูˆู’ุฌููƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽูƒูู„ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฑูŽุบูŽุฏู‹ุง ุญูŽูŠู’ุซู

ุดูุฆู’ุชูู…ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุจูŽุง ู‡ูŽูฐุฐูู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑูŽุฉูŽ ููŽุชูŽูƒููˆู†ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุธู‘ูŽุงู„ูู…ููŠู†ูŽ

Artinya :
“Dan Kami berfirman: “Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.” (Q.S Al – baqarah ayat 35 ).

Demikian dulu kisa nabi adam a.s nanti admin sambung kembali di part ke II. soalnya admin lelah ngetiknya..๐Ÿ˜€ ini semua hasil ngetik admin.๐Ÿ™‚ dengan sumber Al-Qur’an..

Baca juga artikel yang lainnya Kisah Nabi adam a.s lengkap berdasarkan al-qur’an part II

. Semoga bermanfaat .

About ademiftahfauzi

Dakwah. Ukhwah. Istiqamah. Tawakal.. Harus punya prinsip !!!

Posted on June 23, 2013, in kisah Nabi & Rasul, Kisah-kisah and tagged , , . Bookmark the permalink. 19 Comments.

  1. Hebatt ima made arigatou,,

  2. Mana mana kisah nabi adam kapan kitannya dmn ketemu Siti Hawa siapa yg jadi wali, saksi waktu dia nikah trus dmn dia wafat trus apa yg diajarkan kpd turunannya.

    • terima kasih atas komentarnya.. untuk artikel diatas saya tulis berdasarkan al-qur’an.. untuk tentang yang sodara katakan.. nanti akan saya coba post lagi nanti..๐Ÿ™‚

      • adam kn memang d ciptkan untk jdi khalifah d bumi.. so? apa itu bkannya sbuah skenario yg d gagas Allah SWT. spya membentuk tkoh antgonis(iblis), protagonis(manusia), n pmeran pmbantu (malaikat)
        mungkin Klo Allah SWT berfirman tdk hanya kpda malaikat, boleh jdi iblis pun akan tunduk pda adam…

        just opinion๐Ÿ™‚

  3. Alhamdulillah… Tp kurang lengkap sich,ana msh bth byk

  4. nanti bikin lagi ya๐Ÿ˜€

  5. Maaf br komen skrg ceritanya sugguh subhanallah

  6. Ijin share

  7. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

    Iblis,malaikat, dan manusia diciptakan bukan dibiarkan begitu saja ,, akan tetapi mereka diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT,,, dan Allah SWT juga akan menguji ibadah mereka siapa diantara mereka yang ikhlas beribadahnya karena Allah SWT,,,malaikat dan Iblis ,sebelum diciptakannya nabi adam,mereka adalah makhluk yang paling taat beribadahnya kepada ALLAH SWT,akan tetapi diantara malaikat dan Iblis ,Allah SWT mengetahui Hati mereka , diantara malaikat dan iblis ada yang beribadahnya tidak ikhlas kerena Allah SWT. yaitu Iblis. dan Nabi adam diciptakan bukan hanya untuk menjadi khalifah dimuka bumi saja ,,akan tetapi Nabi Adam diciptkan untuk menguji Malaikat dan Iblis ,,apakah Iblis dan malaikat beribadahnya iklhas karena Allah SWT atau tidak, karena sebelum diciptakannya Nabi Adam ,,Allah SWT sudah mengetahui hati Iblis dan malaikat,dan Allah SWT mengetahui diantara malaikat dan iblis ada yang tidak iklhas beribadahnya karena Allah SWT,,,ternyata Allah SWT mengetahui hati Iblis yang tidak iklas beribadahnya karena Allah SWT ,,, tapi ALLAH SWT tidak mevonis langsung Iblis tersalah/ atau Allah SWT langsung berkata ,”hai Iblis kamu TERSALAH karena kamu beribadah bukan karena Aku, tapi kamu beribadah karena ingin yang lain,yang kau inginkan.” MAKA IBLIS akan MEMBELA DIRINYA ,MAKA Iblis akan mengatakan”apa salahku ya Allah Swt sehingga engkau memvonis aku tersalah”.tapi Allah SWT tidak langsung berbiacara seperti itu,atau memvonisnya langsung tersalah, contoh saja : misal ada seseorang yang tidak tau apa2,tiba2 polisi datang kerumah orang itu langsung menangkapnya dan mebawanya kekantor polisi, “pasti orang itu akan mebela diri, lalu orang itu akan mengatakan” ada apa ini,kenapa kalian menangkapku, apa salahku,kalau aku salah mana buktinya” pastinya tidak mau. kalian juga tidak mau diperlakukan seperti itu,tanpa ada bukti kalian disalahkan. begitu juga Allah SWT ,Allah SWT juga tidak akan memvonis iblis tersalah sebelum ada buktinya, maka dicipkanlah nabi Adam untuk sebagai khalifah dimuka bumi ,bukan hanya menjadi khlaiifah dibumi saja,tapi juga sekaligus menguji ibadahnya malaikat dan Iblis, ternyata dengan diciptakan nya Nabi Adam ,maka nampaklah dan terbuktilah kesalahan dan kesombongan Iblis di hadapan Allah SWT ,malaikat dan Nabi Adam bahwa iblis beribadah bukan untuk Allah SWT tapi karena yang lain, maka saksinya adalah malaikat dan Nabi Adam bahwa Iblis tersalah,maka Iblis tidak bisa membela diri lagi,karena disaksikan oleh para malaikat dan Nabi Adam,,jadi Allah SWT ,Tuhan kita ,Sudah menegakan ke adilan terlebih dahulu di surga,
    dan juga Allah SWT pernah berfirman:” setiap makhluk yang Allah SWT ciptkatan akan di uji” artinya setiap yang Allah SWT ciptakan tidak akan dibiarkan begitu saja,akan tetapi di uji terlebih dahulu. Nah, untuk pengujian nabi adalah” dilarangnya ia mendekati pohon yang dilarang Allah SWT ,itulah Ujian Nabi Adam”. sebenarnya, ada atau tidaknya pohon yang dilarang oleh Allah SWT untuk nabi adam ,tetap nabi adam akan ditrunkan oleh Allah SWT dimuka bumi, dan pohon yang dilarang Allah SWT itu tidak berpengaruh untuk nabi adam turun dari surga ke dibumi” karena Allah SWT telah mengatakan sebelum diciptakanny nabi adam oleh Allah SWT kepada para malaikat dan iblis,bahwa Allah SWT hendak menciptkan manusia untuk menjadi khalifah dimuka bumi,ingat loh dimuka bumi,bukan disurga” ada atau tidaknya pohon terlarang itu tetap saja nabi adam diturunkan kebumi untuk menjadi khalifah dimuka bumi, tapi kita kembali lagi dengan masalah iblis, tidak mungkin Allah SWT juga langsung menurunkan adam dari surga tanpa adanya bukti,kalau tidak ada bukti maka nabi adam akan membela diri,maka NABI adam akan berkata” mengapa engkau turunkan dimuka bumi ya Allah SWT, apa salahku ya Allah SWT”,Siapa yang tidak mau berada disurga ,sudah enak,tiba2 diturnkan dimuka bumi,maka adam akan membela dirinya .Agar nabi adam tidak berkata seperti itu atau berhujjah seperti itu, maka diciptakanlah pohon terlarang itu,sebagai bukti bahwa Nabi Adam tersalah,dengan kesalahannya itu maka nabi adam menerima semua keputusan Allah SWT,bahwa nabi adam akan menetap dimuka bumi sebagai balasannya. karena Nabi Adam tidak sepenuhnya tersalah ,maka Allah SWT memaafkan perbuatanya/kesalahannya, pada saat nabi adam meminta ampunan kepada Allah SWT. kesalahan yang nabi Adam lakukan bukan mutlak sepenuhnya salah nabi ADAM, akan tetapi karena dorongan Iblis yang terkutuk, yang menggoda nabi Adam samapi ia tersalah.

    ” Perlu kita ingat bahwa semua yang terjadi itu sudah rencana Allah SWT, Allah SWT sudah merencanakannya”

Apa Komentar Anda ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Newbie Tora

Takkan ada perubahan tanpa ada perbuatan

Secarik Kertasโ„ข

"Informasi seputar dunia teknologi"

MuTiaRa iSLaM

Blog Pendidikan Agama Islam

Informasi_Islamic

PAI | Kisah Inspirasi | Doa-Doa | Informasi | etc

KEBLIM

Keluarga Blog Islam Share ~Informasi_Islamic_Tips&Trik_PAI_Komputer_Pendidikan~

%d bloggers like this: