Menemukan arah dengan KOMPAS dalam Kepramukaan

Bismillah | Keluarga Blog IslamKompas adalah alat yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin. Dan bagi para petualang alam, haruslah mengetahui dengan benar tentang kompas dan kinerjanya. Bahwasannya, dengan mengetahui dan bisa membaca peta dengan arah kompas, maka kemungkinan akan tersesat menjadi semakin kecil.

ada banyak sekali kompas yang dapat kita gunakan, namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang satu jenis kompas yang sering digunakan bagi para petualang alam atau pada saat kegiatan kepramukaan.

Kompas Bidik

Kompas bidik adalah kompas yang berfungsi untuk membidik atau menembak sudut pada alam atau bentangan alam sebnearnya, yang kemudian sudut tersebut dapat di proyeksikan pada peta. berikut adalah gambar kompas bidik beserta bagian-bagiannya.

Manfaat kompas bidik di kepramukaan(bagian-bagian Kompas Bidik)

Bagian-bagian Kompas Bidik

  1. Dial (permukaan tempat angka dan huruf). Pada dial terdapat satuan derajat mulai dari 0°  360° dan huruf: N (north ), E (east) W, (west), S (south).
  2. Tutup dial dengan dua garis bersudut 45° (dapat di putar)
  3. Visir (lubang dengan kawat halus pembidik sasaran)
  4. Kaca pembesar (untuk melihat derajat kompas)
  5. Jarum penunjuk (selalu menunjuk utara magnet)
  6. Alat penggantung (tempat ibu jari untuk menopang kompas saat membidik).

Cara Menggunakan kompas bidik

  1. Letakkan Kompas di atas permukaan yang datar, setelah jarum Kompas tidak bergerak maka jarum tersebut menunjuk arah utara magnet.
  2. Bidik sasaran dengan menggunakan visir, melalui celah pada kaca pembesar, setelah itu miringkan kaca pembesar kira-kira bersudut 50° dengan kaca dial.
  3. Apabila visir diragukan karena kurang jelas terlihat dari kaca pembesar, luruskan garis yang terdapat pada tutup dial ke arah visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah terlihat melalui kaca pembesar.
  4. Apabila sasaran bidik 30° maka bidiklah ke arah 30°. Sebelum menuju sasaran, tetapkan terlebih dahulu titik sasaran sepanjang jalur 30°. Carilah sebuah benda yang menonjol/tinggi diantara benda lain disekitarnya, sebab route ke 30° tidak selalu datar atau kering, kadang-kadang berbencah-bencah. Ditempat itu kita melambung (keluar dari route) dengan tidak kehilangan jalur menuju 30°.
  5. Sebelum bergerak ke arah sasaran bidik, perlu ditetapkan terlebih dahulu Sasaran Balik (Back Azimuth atau Back Reading) agar kita dapat kembali kepangkalan apabila tersesat dalam perialanan. Menentukan sasaran balik dengan rumus:
    1. Apabila sasaran kurang dari 180° = ditambah 180°. Contoh: 30° sasaran baliknya adalah 30° + 180° = 210°.
    2. Apabila sasaran lebih dari 1800 = dikurang 180°. Contoh: 240° sasaran baliknya adalah 240° – 180° = 60°

Manfaat Kompas dalam kehidupan sehari-hari

Salah satu manfaat kompas dalam kehidupan sehari-hari kita adalah mengetahui arah kiblat, misalnya dalam keadaan di tengah hutan atau di alam bebas. Para ulama juga menyebutkan bahwa barangsiapa yang tidak melihat ka’bah secara langsung maka dia diperbolehkan untuk hanya menghadap ke arah ka’bah (dalam hal ini barat bagi Indonesia). Kalau demikian keadaannya penggunaan kompas ini diperbolehkan akan tetapi tidak diwajibkan.

kompas sebagai alat penunjuk arah mata angin sangat penting untuk para pramuka dalam hal:

  • membantu kelancaran dan keselamatan dalam pengembaraan
  • membantu dalam pembuatan dan pembacaan peta pita dan atau peta perjalanan
  • membaca peta medan atau peta topografi

oleh karena itu, banyak sekali kegunaan kompas terutama dalam kegiatan kepramukaan. Maka para anggota pramuka seharusnya memiliki kemampuan untuk  menggunakan dan benar dan tepat.

Sumber : http://www.pramukaria.blogspot.com

Advertisements

About ademiftahfauzi

Seorang Mahasiswa Muslim yang memiliki mimpi besar untuk Dakwah, dengan motto : “Kenyataan hari ini adalah mimpi kemarin dan mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok.”

Posted on February 3, 2018, in Pramuka. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Apa Komentar Anda ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: