Keunikan Kurikulum Pendidikan di Belanda

Bismillah | Keluarga Blog IslamMenarik sekali bila kita perhatikan kemajuan belanda khususnya dalam dunia pendidikan. Walaupun kecil Negara ini bisa menjadi perhatian dunia. Banyak kelebihan-kelebihan yang dimilikinya seperti pada bidang ekonomi, budaya, prestasi olahraga dunia, dan yang terkhusus dalam bidang pendidikan. Pendidikan di Belanda sangat ditekankan dan menjadi salah satu masalah prioritas pemerintah, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi/universitas. Maka tidak aneh mulai dari system pendidikan dasar di Belanda hingga pendidikan tinggi/universitas itu berkualitas.

Rangkuman Kurikulum Pendidikan Belanda

Bentuk sistem pendidikan belanda ialah sentralisasi, Pendidikan formal dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dan ilmu Pengetahuan kecuali pendidikan pertanian yang dibiayai oleh Kementerian pertanian.

Keunikan Kurikulum di belanda

JENJANG PENDIDIKAN

  1. Pendidikan tingkat dasar dan lanjutan (Primary and Secondary Education)

Pendidikan tingkat dasar di belanda mulai diwajibkan sejak anak Pendidikan tingkat dasar di Belanda mulai diwajibkan sejak anak berumur 5 tahun dan berlangsung selama kurang lebih 8 tahun (7 tahun di antaranya merupakan wajib belajar). Di tahun terakhir para siswa sudah dianjurkan untuk memilih pendidikan lanjutan yang akan mereka jalani.

Pendidikan Lanjutan dimulai sejak siswa berumur 12 tahun, dan diwajibkan sampai umur 16 tahun

Beberapa tingkatan pendidikan lanjutan, diantaranya : VMBO, HAVO (5 tahun) dan VWO (6 tahun)

HAVO dan VWO merupakan pendidikan selektif. Dua jenis pendidikan yang memberikan akses langsung ke sistem pendidikan tingkat tinggi Lulusan HAVO à Bisa mengakses langsung ke HBO (Hogeschool/Universities of Profesional Education). Dua tahun terakhir di HAVO/ 3 tahun terakhir di VWO merupakan tahun penjurusan untuk memilih bidang pilihan mereka. Dalam jurusan ini, mereka dapat memilih satu diantara empat jurusan sebagai berikut : (HigherEducation)

  • Science and Technology (ilmu Teknologi/Fisika)
  • Science and Health (Ilmu Kesehatan)
  • Economic and Society (Sosial Ekonomi)
  • Culture and Society (Sosial Budaya)
  1. Pendidikan Tingkat Menengah Kejuruan (Senior Secondary Vocational Educational and Training)

Memiliki bebrapa jurusan, yakni ekonomi, teknik, kesehatan, perawatan diri, kesejahteraan dan pertanian. MBO (Program 4 tahun) memberikan pendidikan yang merupakan gabungan dari pendidikan umum dan kejuruan (Senior Secondary Vocational and Training.  Program ini diberikan dalam 4 tingkatan (1-4 tahun) dan hanya lulusan dari tingkatan 4 MBO saja yang bisa memiliki akses ke HBO (Hogeschool) .

Di Sekolah Menengah kegiatan seni, musik, olahraga masih digeluti oleh siswa, selain mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Ilmu Bumi, Bahasa Inggeris, Perancis, Jerman, Latin dan Yunani. Meski tak ada kurikulum khusus “mengganyang korupsi”, sistim pendidikan Dasar dan Menengah di Belanda ini terbukti mampu memproduksi generasi penerus Belanda yang bersih korupsi.

Mulai dari tahun 1993 ke atas, siswa pada semua jenis pendidikan menengah mendapat pelajaran dalam 15 mata pelajaran dari “kurikulum inti” (core-curriculum) yang berbobot sama dengan 3,000 jam pelajaran setiap tahun pelajaran. Kira-kira 20% dari kurikulum sekolah dapat dipilih dan ditentukan oleh “school board”

  1. Pendidikan tingkat tinggi (higher education)

Sistem Pendidikan tinggi di belanda terbagi 2 bagian, yaitu

  1. HBO (hogeschool/universities of profesional education)

Hogeschool memberikan pendidikan yang bersifat siap guna untuk siswa yang ingin langsung terjun ke lapangan pekerjaan praktis. Gelar Bachelor degree dapat diperoleh setelah menyelesaikan program di hogeschool dengan mengumpulkan kredit sebanyak 240 ECTS/European Credit Transfer Sistem (selama 4 tahun). Sedangkan Master degree dapat diperoleh setelah menyelesaikan program master di hogeschool dengan mengumpulkan kredit sebanyak 60 atau 120 ECTS (1 atau 2 tahun). Persyaratan untuk masuk HBO adalah : memiliki ijazah HAVO atau MBO level.

  1. WO (research universities)

WO memberikan pendidikan yang bersifat spesifik /penjurusan berdasarkan ilmu – ilmu murni. Gelar Bachelor degree dapat diperoleh setelah menyelesaikan program di universitas dengan mengumpulkan kredit sebanyak 180 ECTS/European Credit Transfer Sistem (selama 3 tahun). Sedangkan Master degree dapat diperoleh setelah menyelesaikan program di universitas dengan mengumpulkan kredit sebanyak 60, 90 atau 120 ECTS (1, 1,5 atau 2 tahun). Gelar PhD hanya bisa diperoleh melalui program di WO. Persyaratan masuk WO adalah : memiliki ijazah VWO.

Pada tingkat pendidikan tinggi, dilakukan ujian pada akhir tahun pertama yang dinamakan “propaedeutic examination” untuk menentukan apakah seorang mahasiswa dapat mengikuti kuliah-kuliah tiga tahun berikutnya. Pada akhir program, yaitu setelah 4 tahun, mahasiswa harus mengambil ujian akhir. “school board” atau dewan sekolah (pada HBO) atau dewan dosen (pada universitas) bertanggung jawab atas pengolahan dan kualitas ujian. Biasanya, setiap fakultas atau jurusan membentuk panitia ujian sendiri.

Tidak usah khawatir kekurang biaya untuk melanjutkan studi, karena di belanda seorang pelajar atau mahasiswa dapat meminta pinjaman dana belajar (studie financiering) yang diatur informatie Beheer (pengatur Dana Belajar)

Kurikulum pendidikan di Belanda

Basicschool (sekolah dasar) di belanda berlangsung 8 tahun. Basisschool menurut UU Pendidikan Belanda wajib diikuti oleh setiap anak di Belanda, pribumi mau pun pendatang asing, yang mencapai usia 5 tahun. Orang tua yang lalai mendaftarkan/mengirim anaknya ke sekolah, akan didenda bahkan dapat dipenjara. Tidak ada alasan tidak punya uang sebab Basisschool di Belanda gratis.

Raport siswa di Basisschool memuat 44 butir pendidikan, diantaranya adalah

Bahasa Belanda (11 butir) Olahraga (2 butir)
Presentasi (4 butir) Kelakuan Siswa (3 butir)
World Orientation (5 butir Pekerjaan Rumah (2 butir)
Mentalitas Siswa (7 butir) Katekese (1 butir)
Ekspresi Siswa (4 butir) Berhitung (5 butir)
JUMLAH 44

Tambahan dalam raport dengan dua materi ekstra kurikuler, yaitu Berenang dan Bersepeda.

Seminggu sekali siswa-siswa Basisschool menuju kolam renang terdekat dengan sekolah mereka. Semua biaya renang dibayar oleh Departemen Pendidikan Belanda. Akan ada ujian renang resmi dan setiap siswa wajib menggondol diploma renang level terendah.

Siswa Basisschool wajib belajar mengendarai sepeda dan belajar Peraturan Lalu Lintas. Akan ada ujian Lalu Lintas Bersepeda teori dan praktek yang diselenggarakan oleh Korps Kepolisian setempat. Siswa yang lulus menerima Diploma Lalu Lintas resmi dari Korps Kepolisian. Semua biaya kursus bersepeda dan ujian dibayar oleh Departemen Pendidikan Belanda.

 

Sistem Penilaian dan Evaluasi

Sistem penilaian sepuluh poin: di belanda sistem sepuluh poin digunakan dalam pendidikan menengah dan tingggi. Nilai 10 adalah nilai tertinggi dan 6 adalah niai minimum kelulusan.

Di tingkat sekolah dasar setiap mata pelajaran di evaluasi sekali dalam 8 tahun, dan hasilnya dapat membuat pemerintah melakukan suatu intervensi. Sekolah juga dapat membandingkan hasil penilaian itu dengan angka-angka penilaian nasional dan berdasarkan itu sekolah melakukan perbaikan atau penyesuaian sendiri.

Sumber : google.com

Advertisements

About ademiftahfauzi

Seorang Mahasiswa Muslim yang memiliki mimpi besar untuk Dakwah, dengan motto : “Kenyataan hari ini adalah mimpi kemarin dan mimpi hari ini adalah kenyataan hari esok.”

Posted on March 15, 2018, in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Mantap posting deui hehe 😀

    Liked by 1 person

Apa Komentar Anda ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: